Tidak ada dua orang yang belajar
dengan cara yang sama, dan ada sedikit keraguan bahwa cara untuk satu orang
mungkin tidak efektif bagi orang lain. Namun, ada beberapa teknik umum yang
tampaknya menghasilkan hasil yang baik. Akan sangat menarik jika belajar itu
tidak di anggap bekerja tetapi kesenangan.
Beberapa siswa, belajar dan termotivasi untuk belajar datang secara alami.
Jika anda membaca halaman ini, kemungkinan bahwa Anda bukan salah satu dari
mereka, tetapi jangan putus asa, ada harapan! Keberhasilan Anda di sekolah dan
perguruan tinggi tergantung pada kemampuan Anda untuk belajar secara efektif
dan efisien. Ini hidup Anda, waktu Anda, dan masa depan Anda. Waktu sangat
berharga dan jangan di sia-siakan.
Panduan cara
belajar efektif
ini dirancang untuk membantu Anda mengembangkan kemampuan
belajar yang efektif. Mempelajari suatu bahan membutuhkan kerja! Namun, dengan
menggunakan teknik yang dijelaskan dalam panduan ini, dan dengan menerapkan
diri sendiri, Anda dapat memperoleh keunggulan yang berharga dalam bahan
pemahaman, mempersiapkan tes, dan, akhirnya, belajar.
Mengatur Jadwal
Bahkan sebelum Anda mulai berpikir tentang proses belajar, Anda harus
mengembangkan jadwal. Jika Anda tidak memiliki jadwal atau rencana untuk
belajar, maka Anda tidak akan memiliki cara mengalokasikan waktu berharga Anda
ketika hal tak terduga muncul. Seorang yang baik, dipikirkan dengan baik jadwal
tepat. Semua jadwal harus dibuat dengan gagasan bahwa mereka dapat direvisi.
Sebuah jadwal harus mempertimbangkan setiap kelas, laboratorium, kuliah, acara
sosial, dan pekerjaan lain di mana Anda terlibat.
Belajar untuk program pembacaan
Untuk kelas yang membutuhkan bacaan, seperti bahasa asing, pastikan untuk
menjadwalkan waktu studi sebelum kelas. Gunakan waktu untuk berlatih.
Kadang-kadang, praktek dengan orang lain dapat membantu mempertajam
keterampilan Anda dalam jangka waktu belajar sebelum kelas.
Tempat Yang Tepat Untuk belajar
Anda bisa belajar di mana saja. Jelas, beberapa tempat lebih baik daripada
yang lain adalah Perpustakaan atau kamar pribadi yang terbaik. Yang terpenting
tempat Anda memilih untuk belajar tidak boleh mengganggu.
Keterampilan berpikir
Setiap orang memiliki kemampuan berpikir, tetapi gunakan sedikit secara
efektif. keterampilan berpikir yang efektif tidak dapat dipelajari, tetapi
harus dibangun selama jangka waktu tertentu. pemikir Bagus melihat kemungkinan
di mana orang lain hanya melihat mati-berakhir. Jika Anda bukan seorang pemikir
yang baik, mulai sekarang dengan mengembangkan kebiasaan yang membuat Anda
mengajukan pertanyaan diri Anda baca. Bicaralah dengan siswa lain yang Anda
merasa adalah pemikir yang baik. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka lakukan
ketika mereka berpikir kritis atau kreatif. Sering kali, Anda dapat mengambil
informasi berharga untuk membantu Anda menjadi seorang pemikir yang lebih baik.
Ajukan Pertanyaan
Mengajukan pertanyaan untuk belajar. Hal-hal penting untuk belajar biasanya
jawaban atas pertanyaan. Pertanyaan harus mengarah pada penekanan pada apa,
mengapa, bagaimana, kapan, siapa dan di mana isi studi. Ajukan pertanyaan diri
Anda membaca atau belajar. Ketika Anda menjawab mereka, Anda akan membantu untuk
memahami materi dan ingat lebih mudah karena prosesnya akan membuat kesan pada
Anda. Hal-hal yang membuat tayangan yang lebih berarti, dan karena itu lebih
mudah diingat. Jangan takut untuk menulis pertanyaan Anda di margin buku teks,
pada catatan kuliah, atau di mana pun itu masuk akal.
Membaca
Sebuah cara utama dengan mana Anda mendapatkan informasi adalah melalui
membaca. Di perguruan tinggi Anda diharapkan untuk membaca lebih banyak
daripada di sekolah tinggi. Jangan berasumsi hanya karena Anda telah “membaca”
tugas yang adalah akhir dari itu. Anda harus belajar untuk membaca dengan
tujuan. Dalam mempelajari, Anda dapat membaca tugas yang sama tiga atau empat
kali, setiap kali dengan tujuan yang berbeda. Anda harus tahu sebelum Anda
mulai membaca apa tujuan Anda adalah, dan membaca. Membaca TIDAK menjalankan
mata Anda melalui buku pelajaran. Ketika Anda membaca, membaca aktif. Baca
untuk menjawab pertanyaan Anda bertanya pada diri sendiri atau pertanyaan
instruktur atau penulis telah meminta. Selalu waspada untuk mencetak tebal atau
dicetak miring. Para penulis bermaksud bahwa bahan ini mendapat penekanan
khusus. Juga, ketika Anda membaca, pastikan untuk membaca semuanya, termasuk
tabel, grafik dan ilustrasi. Sering kali tabel, grafik dan ilustrasi dapat menyampaikan
ide lebih kuat daripada teks tertulis.
Ucapkan
Ketika Anda membaca, Anda berhenti membaca secara berkala untuk mengingat
apa yang Anda baca. Cobalah untuk mengingat judul utama, ide-ide penting dari
konsep yang disajikan dalam huruf tebal atau huruf miring, dan apa grafik,
diagram atau ilustrasi menunjukkan. Cobalah untuk mengembangkan konsep
keseluruhan apa yang telah Anda baca dalam kata-kata Anda sendiri dan pikiran.
Cobalah untuk terhubung hal-hal yang baru saja Anda baca untuk hal-hal yang
sudah tahu. Ketika Anda melakukan ini secara berkala, maka kemungkinan Anda
akan mengingat lebih banyak dan bisa mengingat bahan untuk makalah, esai dan
tes obyektif.
Review
review adalah survei dari apa yang telah tertutup. Ini adalah review dari
apa yang seharusnya Anda capai, bukan apa yang akan Anda lakukan. Membaca ulang
adalah bagian penting dari proses pemeriksaan. Membaca kembali dengan gagasan
bahwa Anda mengukur apa yang telah Anda diperoleh dari proses tersebut. Selama
pemeriksaan, ini saat yang baik untuk pergi lebih dari catatan anda telah
diambil untuk membantu menjelaskan poin Anda mungkin telah terjawab atau tidak
mengerti. Waktu terbaik untuk meninjau adalah ketika Anda baru saja selesai
mempelajari sesuatu. Jangan tunggu sampai sebelum pemeriksaan untuk memulai
proses pemeriksaan. Sebelum pemeriksaan, melakukan review akhir. Jika Anda
mengatur waktu Anda, review akhir dapat dianggap sebagai “fine-tuning”
pengetahuan Anda tentang bahan tersebut. Ribuan sekolah menengah dan mahasiswa
telah mengikuti langkah-langkah SQ3R untuk mencapai nilai yang lebih tinggi
dengan lebih sedikit stres
Mencatat
Seperti membaca, mencatat adalah keterampilan yang harus dipelajari dan
disempurnakan. Hampir selalu, mencatat, atau kurangnya, adalah kekurangan konstan
dalam metode studi banyak sekolah menengah dan mahasiswa. Belajar bahan catatan
baik mengambil agak mudah, menerapkannya untuk situasi Anda sendiri tergantung
pada seberapa serius Anda menjadi seorang mahasiswa yang sukses. Anda harus
belajar untuk mencatat secara logis dan terbaca.
Garis Tulisan atau Menandai Tulisan yang di Baca
Pertama-tama, jangan menggarisbawahi. Gunakan stabilo. Pengalaman
menunjukkan bahwa bagian-bagian teks yang disorot lebih mudah diingat daripada
bagian yang sama digarisbawahi. Dalam menjelaskan teks, jangan hanya membaca
bersama dan menyoroti apa yang tampaknya kata-kata penting. teknik itu jarang
bekerja. Tindakan menguraikan bekerja jauh lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar